Halloween Costume ideas 2015
08/03/16

Juru bicara Gerakan Ahrar Al-Syam, Yusuf Al-Muhajir, Selasa (02/08), melaporkan faksi-faksi mujahidin Suriah sedikit lagi berhasil membuka kepungan yang diberlakukan militer Suriah terhadap wilayah mujahidin di Aleppo Utara. Kemajuan besar ini diraih beberapa hari setelah digulirkan operasi besar-besaran untuk merebut Aleppo.

“Pasukan mujahidin hampir membuka pengepungan terhadap Aleppo,” katanya dalam pernyataan kepada Al-Jazeera, Selasa.

Ia menunjukkan, tujuan pertempuran Aleppo kali ini menyudahi blokade terhadap setelah juta warga Suriah yang terjebak di kota-kota di Aleppo. Mujahidin, lanjutnya, saat ini memasuki proses transisi ke fase ketiga pertempuran.

Wartawan Al-Jazeera melaporkan, saat ini posisi mujahidin Suriah hanya tiga kilometer dari wilayah yang dikepung oleh militer Suriah.


mujahidin bebaskan blokade di Aleppo


Mujahidin Suriah berupaya memutus jalur internasional yang menghubungkan Damaskus dan Aleppo. Jalan ini sangat penting karena menjadi jalur logistik utama militer Suriah di kota Suriah paling bergola itu. Mujahidin juga berupaya menggabungkan wilayah kontrol oposisi di Utara dan Barat Aleppo, yang dipisahkan oleh kontrol rezim.

Mujahidin Suriah di wilayah Hama, Selasa (02/08), membuka pertempuran baru untuk membantu saudara-saudara mereka yang tengah menggulirkan pertempuran besar di Aleppo. Hal itu bertujuan mengacaukan konsentrasi militer Suriah sehingga memungkinkan tekanan militer di Aleppo berkurang.

Mujahidin menyerbu sekitar desa Az-Zarah di pedesaan Hama Selatan, yang dikontrol militer Suriah. Serangan itu menargetkan pos-pos militer dan titik-titik strategis lainnya.

Anggota Kantor Media Hama, Hasan Al-Umari, mengatakan kepada Al-Araby Al-Jadid puluhan tentara rezim tewas dan luka-luka dalam serangan tersebut. Tidak hanya itu, mujahidin juga berhasil menghancurkan tank dan senjata mesin kaliber 23 milimeter yang diangkut di mobil bak.

Dia menambahkan, faksi-faksi mujahidin meraih kemajuan signifikan dalam serangan hari itu. Titik-titik strategis yang dikontrol rezim di sekitar desa Az-Zarah kini berada di bawah gempuran mujahidin.

Mujahidin dari Divisi 313 Jund Badr, berhasil hancurkan dua Tank di front Az-Zarah

Namun begitu, lanjutnya, pertempuran sengit masih berlangsung di sekitar Az-Zarah. Militer Suriah melakukan serangan balasan, berusaha merebut kembali titik-titik yang direbut mujahidin. Serangan itu didukung serangan udara sengit dan gempuran artileri dan mortar.

Wartawan Al-Jazeera mengatakan, operasi itu bertujuan mengurangi tekanan militer di front Aleppo. Mujahidin di Hama sendiri menyebut operasi mereka dengan sandi “Hari Ini Adalah Harimu Wahai Aleppo”.

front pertempuran mujahidin di Zara Hama

Dokumentasi mujahidin melakukan serangan di beberapa titik di az-Zarrah




 

Puluhan pasukan Assad tewas akibat pemboman yang dilakukan oleh mujahidin. Bom mengakibatkan ledakan dahsyat di sebuah terowongan di Ramoussah, daerah pedesaan selatan Aleppo, Selasa (2/8).


Video yang diunggah memperlihatkan ledakan besar. Tubuh pasukan Assad ikut berhamburan di udara dalam ledakan. Bom ini merupakan bagian dari operasi pembebasan Aleppo yang diluncurkan sejak hari Minggu.

Operasi pemboman itu masuk dalam fase ketiga, yang diumumkan pada hari Selasa. Pertempuran diluncurkan untuk mematahkan pengepungan Aleppo. Selama fase ini, mujahidin telah berhasil merebut beberapa daerah strategis di Aleppo selatan. Mereka sekarang lebih dekat dari sebelumnya untuk memecahkan pengepungan dari sisi barat kota Aleppo.

peta area pertempuran mujahidin di aleppo barat

Dalam pembebasan daerah Ramoussah, mujahidin juga menembakan sejumlah mortar dan menargetkan posisi pasukan Assad di beberapa titik.



MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget