Halloween Costume ideas 2015
04/05/16

Pejuang Jabhah Nusra berhasil melakukan operasi penyusupan ke markas milisi Shabihah, milisi pendukung rezim Bashar Assad, di desa Khenves, pedesaan Hama Selatan. Dilaporkan 20 milisi tewas akibat serangan pada Senin itu (04/04).

jabhah nusra hama
Kantor berita Orient News melaporkan sejumlah pejuang Jabhah Nusra, tanpa diketahui, berhasil masuk ke markas musuh di desa Khenves yang dihuni mayoritas pendukung Bashar Assad. Mereka memberondong milisi yang ada di lokasi tersebut. Akibatnya, 20 militan Syabihah tewas.

“Seluruh milisi yang jumlahnya 20 orang tewas akibat serangan tersebut,” lansir kantor berita oposisi Suriah itu.

Kantor berita Al-Jazeera menambahkan, di antara korban tewas merupakan komandan milisi Pertahanan Nasional. Serangan itu diluncurkan pada Senin fajar.

Selain itu, tambah Orient, Jabhah Nusra juga berhasil menghancurkan tank dan kendaraan yang dipasang senjata otomatis di markas tersebut. Sementara senjata ringan, menengah dan berat serta amunisi berhasil dibawa.

Serangan ini diluncurkan beberapa jam setelah kabar tewasnya juru bicara Jabhah Nusra, Abu Firas As-Suri.

Selasa (5/4) - daerah selatan Aleppo, Pejuang dari Ahrar al-Sham menembak jatuh sebuah pesawat tempur Suriah dan menangkap pilot-nya.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia mengatakan pejuang dari kelompok Jabhah Nusra menangkap pilot dan membawanya ke salah satu markas mereka.






Observatorium Suriah mengatakan segumpal asap terlihat saat pesawat terbakar sebelum jatuh di Tal al-Iss, di mana Jabhah Nusra bersama faksi islam lainnya berhasil menguasai daerah tersebut beberapa hari sebelumnya. Jet tempur Rusia dan rezim Suriah dikerahkan untuk melakukan serangan balik demi merebut kembali Tel al-Iss.

Faksi pejuang oposisi Suriah mampu merebut kendali posisi-posisi militer pemerintah setelah bentrokan dengan pasukan tentara rezim Assad di provinsi pesisir Latakia-jantung dari Presiden Suriah Bashar al-Assad, aktivis melaporkan pada hari Sabtu (2/4/2016).

Faksi oposisi yang beroperasi di wilayah pesisir Suriah, yang meliputi Tentara Pembebasan Suriah (FSA) bersama dengan kelompok faksi-faksi Islam, mampu menghancurkan beberapa kendaraan milik tentara rezim.



Berbicara kepada ARA News di Latakia, aktivis media lokal Ammar Ali mengatakan bahwa kelompok pejuang oposisi dari Squad Utara [al-Firqa abu-Shimaliya] bersama dengan faksi Islam lainnya mengumumkan pertempuran baru melawan pasukan tentara Suriah di Latakia.



Aliansi pesisir anti-Assad melakukan serangan pada beberapa titik militer di daerah pegunungan al-Akrad dan Turkman.

Sumber tersebut mengatakan bahwa para pejuang oposisi meningkatkan serangan terhadap markas rezim dengan senjata berat dan roket Grad di sekitar kota Kinsabba di Gunung al-Akrad.

Setelah bentrokan sengit dengan pasukan rezim, pejuang oposisi mampu mengambil kendali desa Rasha, al-Jinzali dan al-Mazighli serta bukit Hidada, Sekolah Hidada, dan desa Malik di sekitar Kinsabba.

"Pejuang Suriah mampu membunuh sejumlah tentara pro-Assad, termasuk kolonel Louay Aslan bersama dengan seluruh kelompoknya di bukit Rasha," sumber itu melaporkan, menunjukkan bahwa para pejuang oposisi mampu menghancurkan tank, merebut empat senapan mesin [kaliber 14,5], sebuah SUV dengan senapan mesin kaliber 23 selain menghancurkan sebuah buldoser.

Sumber itu menambahkan bahwa pejuang oposisi melancarkan serangan di beberapa lokasi di sekitar Kinsabba dalam upaya untuk merebut kembali wilayah itu dari tentara rezim setelah terakhir mereka ditimpa dengan dukungan serangan udara Rusia.

"Para pejuang kami telah merebut kembali beberapa daerah strategis di sekitar Gunung al-Akrad meskipun pemboman berat Rusia pada posisi kami," kata seorang juru bicara pejuang oposisi kepada ARA Berita, lebih memilih anonimitas.

Pada tanggal 18 Februari, pasukan tentara Suriah mengambil alih wilayah Kinsabba setelah bentrokan sengit dengan pejuang oposisi, di mana pejuang oposisi kemudian mundur dari wilayah itu di bawah serangan udara Rusia.

Kabar duka kembali menghampiri gerakan jihad Suriah, Jabhah Nusrah. Komandan penting sekaligus juru bicara cabang Al-Qaidah itu, Abu Firas As-Suri, terbunuh oleh serangan udara di wilayah Idlib. Anaknya dan sejumlah pejuang lainnya juga dikabarkan gugur akibat serangan pada Ahad (03/04) itu.

juru bicara jabhah nusra
Kabar meninggalnya komandan penting Jabhah Nusrah itu dikonfirmasi sejumlah media, di antara Al-Jazeera dan Orient News, dari sumber-sumber mereka di lapangan. Sementara mereka belum bisa memastikan jet yang melakukan serangan tersebut akan tetapi dugaan kuat mengarah ke jet tempur milik koalisi AS.

Portal berita yang fokus menyoroti revolusi Suriah, all4syria.info, melaporkan serangan itu terjadi di desa Kafr Jalis di barat laut Idlib.

Al-Jazeera melansir dari sejumlah aktivis yang dikenal dekat dengan Jabhah Nusrah menunjukkan bahwa serangan itu diluncurkan dari pesawat tanpa awak, yang diyakini milik koalisi AS. Menurut all4syria.info, banyak pesawat lalu lalang di atas wilayah itu dalam beberapa hari terakhir.

Sementara itu, masih simpang siur mengenai jumlah pengawalnya yang turut terbunuh dalam serangan tersebut. Kantor berita Al-Jazeera menyebut delapan, Orient News menyebut tujuh dan BBC menyebut 15 pengawal.

Lembaga pengawas HAM Suriah mengonfirmasi bahwa seluruh korban bukan hanya anggota Jabhah Nusrah, namun di antara mereka anggota faksi Islam lainnya yang berafiliasi dengan Jabhah Nusrah. Bahkan, di antara mereka dikabarkan ada pejuang dari luar suriah.

Abu Firas merupakan sebutan dari nama aslinya Ridwan Namus. Pejuang kelahiran Madaya, pedesaan Damaskus ini, telah melalang buana dalam dunia jihad, sebelum akhirnya pulang ke negaranya.

riwayat abu firas

Sebelum terjun ke dunia jihad, ia adalah seorang anggota tentara nasional Suriah. Tepatnya tahun delapan puluhan ia menyatakan membelot dan berangkat ke Pakistan kemudian Afghanistan dan terakhir Yaman. Dia berkabung dalam organisasi Al-Qaidah.

Setelah revolusi Suriah meletus, ia pulang dan bergabung mendirikan Jabhah Nusrah. Ia ditunjuk anggota Dewan Syariat dan kemudian ditunjuk juru bicara menggantikan komandan sebelumnya yang gugur.

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget