Halloween Costume ideas 2015
[ads-post]

Daftar Kegagalan ISIS Pertahankan Wilayah

ISIS beberapa waktu terakhir kehilangan kontrol kota-kota penting di negara basis mereka, Irak dan Suriah. Hal itu pun diakui sendiri dalam sebuah rilis dan menganggap serangkaian kekalahan itu sebagai cobaan.

Dalam beberapa waktu terakhir, media pula sangat jarang melaporkan kemajuan ISIS. Begitu juga dengan media resmi ISIS, yang akhir-akhir ini lebih banyak melaporkan operasi-operasi “bom bunuh diri”. Hal itu seolah menunjukkan, organisasi pimpinan Abu Bakar Al-Baghdadi itu lebih cenderung berposisi menghadang serangan, bukan menyerang.

Sejumlah komandan tinggi ISIS juga dilaporkan terbunuh. Paling menonjol, Umar Asy-Syisyani dan jubir ISIS Abu Muhammad Al-Adnani.

wilayah isis di irak dan suriah

Dari serangkaian kemunduran itu, berikut kota-kota penting ISIS yang gagal dipertahankan

SURIAH

Kobani (Ain Al-Arab): Kota Kurdi ini terletak di perbatasan Turki dan Suriah bagian utara. Ini menjadi front terpanas ISIS dan milisi Kurdi yang didukung Amerika Serikat. Setelah terlibat pertempuran tiada henti selama empat bulan, Januari 2015 ISIS akhirnya mundur dari kota tersebut. Meski Kobani saat itu kosong dari anggota ISIS, milisi Kurdi direpotkan dengan ladang bom yang ditinggalkan di kota tersebut.

Tel Abyadh: Kota yang berada di pedesaan Raqqah bagian Utara ini juga terletak berbatasan dengan Turki. Milisi Kurdi yang didukung Barat merebut kota itu pada Juni 2015. Ini merupakan kota paling penting yang dikontrol pasukan ISIS di Suriah, karena menjadi penghubung dengan wilayah lain.

Tadmur (Palmyra): Pada Mei 2015, ISIS merebut kota yang terdapat situs bersejarah ini. Militer Suriah tidak mampu melumpuhkan ISIS, sampai jet tempur Rusia turun tangan. Operasi besar-besaran dari darat dan udara memaksa ISIS meninggalkan kota itu, setelah satu tahun mengontrol.

Manbij: Organisasi yang lahir di Irak itu merebut kota yang berada di Provinsi Aleppo ini pada tahun 2014. Kota sangat penting bagi ISIS. Saat itu, ISIS menggunakan kota ini sebagai jalur logistik yang menghubungkan pasukannya di Raqqah dan di sepanjang perbatasan dengan Turki. Pertengahan tahun ini, AS memobilisasi pasukan Kurdi sehingga berhasil merebut kota itu di pekan pertema bulan Agustus. Pertempuran itu pun tak kalang sengitnya dengan pertempuran-pertempuran sebelumnya.

Jarabulus: Kota ini terletak langsung menghadap ke wilayah Turki. Di baratnya ada kota Kobani dan di Utara ada kota Manbij. Militer Turki bekerja sama dengan oposisi Suriah pada 24 Agustus lalu berhasil merebut Jarabulus.
Daerah-Daerah di perbatasan Turki-Suriah: Awal bulan ini (4 September), militer Turki dan pasukan oposisi Suriah melanjutkan operasi membersihkan sepanjang perbatasan Turki-Suriah dari ISIS. Operasi itu berhasil mengusir pasukan ISIS dan wilayah perbatasan dipastikan steril.

IRAK

Tikrit: 31 Maret 2015, militer Irak mengumumkan merebut kota yang terletak 160 kilometer utara Baghdad itu. Merebut Tikrit ini merupakan operasi paling besar yang diluncurkan pemerintah Irak sejak ISIS mengontrol wilayah luas di Irak pada 2014. AS dan Iran bahkan terlibat dalam operasi ini.

Sinjar: Setelah lebih dari setahun mengontrol Sinjar, pasukan ISIS pada November 2015 dinyatakan hengkang dari kota tersebut. Militer Irak yang didukung serangan udara koalisi AS berhasil menjebol pertahanan ISIS dan memasuki kota itu. Kota yang dikontrol sejak Agustus 2014 ini sangat penting bagi ISIS karena menjadi jalur antara Irak dan Suriah.

Ramadi: Pada 9 Februari 2016, kota yang dihuni mayoritas warga Sunni ini dibebaskan dari ISIS. Kota ini sendiri dikontrol ISIS sejak Mei 2015.

Falujah: Militer Irak, 26 Juni 2016, mengumumkan mengontrol seluruh kota Falujah. Operasi di kota ini memakan waktu sebulan lebih dan menewaskan banyak sipil yang tak berdosa.

Qiyarah: Kota ini berhadapan langsung dengan kota Mosul, basis utama ISIS di Irak. Pada 25 Agustus 2016, militer Irak merebut kota itu. Saat ini, militer tengah melakukan persiapan menyerbu kota Mosul.
materi islam

Post a Comment

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget