Halloween Costume ideas 2015
[ads-post]

Perundingan Jenewa Tidak Ada Titik Temu

Transisi politik Suriah menjadi titik kontra semua pihak yang terlibat dalam Perundingan Jenewa. Permasalahan ini menjadi perdebatan serius antara pihak oposisi dan Rezim Suriah yang dilindungi sekutunya. Bahkan Perundingan Jenewa ditunda untuk beberapa waktu karena tidak ada titik temu dalam hal ini.

perundingan jenewa suriah

Anas Al-Ubadah, Kepala Koalisi Nasional Oposisi Suriah, menyatakan bahwa oposisi Suriah tidak akan mau menerima segala bentuk proses politik yang masih mempertahankan Bashar Assad. Baik saat berlangsungnya masa transisi politik maupun di masa-masa Suriah yang akan datang.

Anas Al-Ubadah juga terus menghimbau kepada lembaga kemanusiaan internasional untuk terus bekerja mematahkan blokade yang masih terjadi di sejumlah daerah. Ia juga meminta pengiriman bantuan pangan, serta mengangkut keluar seluruh korban luka yang membutuhkan perawatan medis dari blokade yang dilakukan pasukan Assad dan sekutunya di sejumlah daerah Suriah.

Sementara itu, Anadolu melaporkan bahwa Presiden Turki Recep Tayyib Erdogan menuntut agar Bashar Assad diadili di Mahkamah Internasional. Lantaran senjata-senjata milik pasukan yang dibawahinya telah menelan 500 ribu korban jiwa dari kalangan sipil.

“Tidak ada perbedaan antara senjata kimia dan konvensional jika hasilnya adalah sama. Pemerintahan semacam ini harus diadili (mengacu pada rezim Suriah, Presiden Bashar Assad) di Mahkamah Internasional di Den Haag, untuk membayar atas tindakannya,” tegas Erdogan.

Namun hal itu ditentang tegas oleh Iran. Ali Akbar Velayati seorang pejabat tinggi Teheran menimpali bahwa pihaknya akan terus mendukung dan mempertahankan eksistensi rezim Bashar Assad. Ia bahkan menolak segala bentuk tuntutan agar Assad meninggalkan kekuasaannya. Menurutnya, cara ini tidak sejalan dengan kemauan Iran.

Searah dengan Iran, pihak Rusia pun turut mempersoalkan hal ini. Gennady Gatilov Wakil Menlu Rusia betul-betul menyayangkan tidak adanya pembahasan terkait nasib Assad nantinya. Menurutnya, hal ini sangat berkaitan dengan penyelesaian konflik dan masa depan Suriah.

Pihak PBB sendiri, Staffan de Misture menegaskan bahwa perundingan putaran selanjutnya secara gamblang akan menjurus kepada proses nyata dalam mengawali transisi politik di Suriah.
Labels:
materi islam

Post a Comment

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget