Berikut ini adalah peta pertempuran di Suriah update 1 Juni 2014. Wilayah sebelah barat, sebagiannya masih dikuasai rezim assad termasuk sekitar Damaskus. Jabhah Islamiyah dan FSA mulai mengalami kemajuan di wilayah utara, sementara di wilayah selatan Daraa sudah mulai dikuasai sepenuhnya. Wilayah timur masih didominasi oleh ISIS yang sering kali terjadi bentrokan dengan sesama pejuang terutama di daerah Deir ez zor. Adapun sebagian wiayah utara yang merupakan pendukung rezim basis pasukan kurdi komunis, sebagian-nya telah jatuh ke tangan ISIS dan Jabhah Islamiyah.      

peta pertempuran suriah

Ada beberapa faktor yang menjadi catatan khusus sehingga mempengaruhi peta pertempuran di atas.
  1. Kekuatan rezim yang didukung dengan serangan pesawat tempur dan helikopter sementara mujahidin dengan segala keterbatasan-nya lebih mengandalkan penyerangan darat.
  2. Beberapa negara loyalis rezim masih mengerahkan bantuan secara politik maupun dukungan persenjataan dan tentara di bidang militer.
  3. Pemerintahan di banyak negara mulai bersikap represif dengan menangkapi para pemuda yang ingin berjihad ke Suriah.  
  4. Masih terjadinya peperangan antara ISIS dengan front pejuang lainnya di beberapa titik sehingga melemahkan kekuatan mujahidin. Andaikan ISIS setuju dengan risalah perdamaian lalu membentuk mahkamah syariah bersama yang independen, tentu hasil yang didapat akan lebih baik.
Namun ingatlah, yang tampak ini hanyalah sementara, Alloh swt adalah sebaik-baik pembuat urusan.