Halloween Costume ideas 2015
[ads-post]

Bashar Assad telah menjual Suriah ke Iran

Seorang jenderal senior tentara Suriah yang membelot pada 2012 mengatakan bahwa Presiden Bashar Assad telah menjual Suriah ke Iran. Menurutnya, rezim Suriah lebih memilih untuk menggunakan represi dan kekerasan sebagai sarana untuk meredam perbedaan pendapat sejak awal pemberontakan terhadap pemerintahannya tahun 2011.

“Bashar tidak pernah memberikan kesempatan reformasi yang serius dan kredibel, melainkan memilih untuk menghancurkan negara daripada kehilangan kekuasaan,” kata Jenderal Manaf Tlass kepada Wall Street Journal, dalam sebuah artikel yang dirilis pada Jumat (19/12).

“Dia (Bashar Assad) menjual Suriah kepada Iran,” lanjut Tlass, yang saat ini tinggal di Perancis.

Dalam artikel tersebut juga diangkat peristiwa pemboman di Damaskus yang menewaskan empat pejabat senior Suriah, termasuk saudara ipar Bashar Assad, Assef Shawkat. Pemboman pada 18 Juli 2012 itu terjadi hanya beberapa minggu setelah Tlass membelot.

Pemboman itu diduga terjadi dalam rangka untuk membungkam suara-suara rezim yang telah terbuka saat itu, untuk menampung pihak oposisi.

Disebutkan dua puluhan orang tewas saat itu, termasuk mantan dan pejabat rezim yang masih aktif, pemimpin oposisi, aktivis dan pemberontak, dan politisi dari negara-negara tetangga yang memiliki hubungan dengan Assad.

Tlass mengatakan bahwa dia yakin rezim Assad terkait dengan pengeboman itu. Kepada Wall Street Journal, Tlass mengatakan bahwa dia dan Shawkat termasuk dalam kelompok yang menyerukan pembicaraan dengan kedua kubu penentang rezim, baik yang damai dan maupun yang bersenjata. Namun hal itu berlawanan dengan pandangan Assad tentang bagaimana merespon pemberontakan rakyat.

manaf-tlas-dan-assad
Manaf Tlass (kanan) bersama Bashar Assad (kiri) tahun 1990an

Tlass merupakan salah satu pejabat paling senior yang meninggalkan barisan rezim Assad. Dia membelot dua minggu sebelum bom pada bulan Juli, setelah penjaga menemukan enam alat peledak ditanam di luar kantornya di Damaskus.

Sumber: Al Arabiya/AFP
materi islam

Post a Comment

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget